8 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Perut Buncit

Image from meanshealth.co.uk

Saat ini banyak orang memiliki perut yang buncit. Bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak banyak yang memiliki perut buncit alias obesitas. Punya perut langsing adalah dambaan setiap orang. Namun tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat timbunan lemak di perut sehingga membuat perut menjadi buncit. Apa saja?


1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

Hampir semua orang suka dengan gula atau makanan dan minuman yang manis-manis. Gula boleh dibilang biang keladi dari penyebab perut buncit. Berusaha membuat perut langsing tanpa diikuti dengan kebiasaan mengurangi konsumsi yang manis-manis, misalnya minum teh atau kopi dengan gula di pagi dan sore hari, rasanya mustahil. Kurangi kebiasaan tersebut karena gula bisa berkontribusi menambah timbunan lemak di perut. Gula itu enak di mulut namun efek negatifnya terlihat di perut, perut menjadi buncit karena terlalu banyak mengkonsumsi gula.



2. Makan Tengah Malam

Makanan yang dikonsumsi siang hari diproses oleh tubuh untuk menunjang aktifitas, tetapi tidak sedikit orang yang suka makan tengah malam atau bahkan sampai makan ditempat tidur. Banyak orang memiliki banyak aktivitas di malam hari atau sekedar menonton TV, hal ini sering membuat mereka jadi lapar atau makan tengah malam. Kebiasaan itu, tentu tidak baik karena asupan kalori tidak diproses dengan benar oleh tubuh dan sangat berpotensi untuk meningkatkan berat badan, termasuk membuat perut jadi membesar.

3. Memberi Makan Terlalu Banyak kepada Anak

Memiliki anak yang sehat adalah dambaan orangtua. Namun terkadang beberapa orangtua salah mengartikan sehat dan menganggap anak gemuk adalah anak yang sehat, bahkan banyak orangtua menganggap anak yang gemuk atau gendut adalah anak yang lucu. Hal ini membuat orangtua malah berlebihan memberi makan anak, sehingga anak tersebut mengalami obesitas. Hal ini justru merugikan sang anak, apalagi apabila kebiasaan ini terbawa terus hingga dewasa, yang akhirnya mereka mengalami kegemukan atau perut mereka buncit sampai mereka dewasa.  


4. Terlalu Banyak Minum Bir

Bir adalah minuman yang menjadi kesukaan banyak orang. Setelah makan lalu minum bir adalah kebiasaan yang bisa membuat perut membesar. Pasalnya, bir adalah minuman dengan karbohidrat dan bisa dengan cepat lemak-lemaknya menempel di perut. Tidak heran bila melihat pria yang gemar minum bir memiliki perut buncit, begitu juga wanita. 


5. Terlalu Banyak Makan Makanan Penutup

Orang yang terbiasa mengkonsumsi makanan penutup setelah makan siang atau makan malam adalah salah satu penyebab munculnya timbunan lemak di perut atau perut buncit. Makanan penutup biasanya makanan yang manis atau mengandung kalori tinggi. Orang kadang lupa bahwa makanan tersebut bisa membuat gemuk. Dalam suatu pesta adalah keadaan yang biasanya sangat sulit untuk menolak memakan makanan penutup yang biasanya lezat. Mengurangi makanan penutup yang manis akan sangat barmanfaat bagi kesehatan, termasuk untuk melangsingkan perut buncit.


6. Makan Saat Stres

Banyak orang makan bila mengalami stress. Apakah Anda termasuk orang yang suka makan ketika stres? Kebiasaan ini bisa membuat orang makan diluar jam makan dan biasanya makanan yang dikonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti snack yang mngandung kalori tinggi serta garam atau gula tinggi. Akibatnya membuat perut membuncit.


7. Kurang Olahraga

Olahraga adalah suatu aktivitas yang berfungsi membakar lemak di tubuh serta melancarkan peredaran darah juga metabolisme tubuh sehingga penting untuk mengurangi timbunan lemak. Jika tubuh terbiasa kurang berolahraga, maka lemak-lemak di perutpun akan bertumpuk. Untuk itu, biasakan berolahraga karena selain untuk membakar lemak, berolahraga juga bisa mengalihkan perhatian yang tidak penting atau perilaku pasif seperti menonton televisi atau berselancar di internet. 


8. Tidur Setelah Makan

Banyak orang mengantuk setelah makan, kemudian mereka langsung tidur. Hal ini sangat buruk, karena tubuh terlalu cepat menghasilkan gula di tubuh dan akhirnya mempertinggi gula darah dan pembentukan lemak di tubuh termasuk perut. Bahaya tidur sesaat setelah makan bukan saja membuta perut buncit tapi juga meningkatkan gula darah dengan cepat yang bisa mengakibatkan penyakit diabetes.

Baca juga : Menghilangkan Lemak di Perut Saat Tidur

Jadi untuk menghilangkan perut buncit, kita harus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. 

Semoga bermanfaat. 

Load disqus comments

0 comments