INI DIA 5 JURUSAN SMK YANG MEMPUNYAI MASA DEPAN CERAH


Banyak keluarga yang mungkin tidak sanggup membiayai anak untuk sekolah sampai perguruan tinggi. Apakah ini jadi masalah besar dan membuat suram? Tidak juga! Ada alternatif sekolah lanjutan setelah SMP yang membuat siswa siap untuk langsung bekerja yaitu Sekolah Menengah Kejuruan atau disingkat SMK. Namun di antara banyak jurusan di SMK, ada 5 jurusan SMK yang memberikan masa depan cerah bagi lulusannya karena banyak dibutuhkan. Selain siap bekerja, lulusan SMK 5 jurusan ini juga siap untuk berwirausaha.

Berikut 5 jurusan SMK yang mempunyai masa depan cerah:

1. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Jaman teknologi komputer yang sudah maju seperti sekarang ini, berbagai perusahaan dan institusi serta pribadi menggunakan komputer di kegiatan sehari-harinya. Di jaman komputerisasi dan digital seperti sekarang, dunia selalu membutuhkan teknisi-teknisi komputer handal. Makanya, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) ini mempunyai masa depan yang prospektif.

Siswa TKJ akan mempelajari cara merakit komputer, melakukan pemeliharaan perangkat keras dan lunak, sampai memasang jaringan. Kompetensi semacam ini juga mantap dimanfaatkan untuk berwirausaha, membuka service komputer atau menjual jasa memasang jaringan komputer atau internet.

2. Jurusan Tata Boga




Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang paling dasar, tanpa makan manusia bisa sakit bahkan meninggal. Makanan bukan saja yang dibuat di rumah, tapi juga dibuat di restoran-restoran dan hotel-hotel serta katering sebagai industri kuliner. Bukan itu saja, industri kuliner juga mencakup makanan cemilan atau kue dan roti di toko-toko makanan. Dari zaman batu sampai sekarang, industri kuliner nggak akan pernah mati. Maka jangan heran bila jurusan tata boga kian tinggi peminatnya. Jurusan tata boga di SMK membantu mencetak ahli-ahli masak dengan standar internasional.

Ini tentu peluang besar buat para remaja, mengingat banyaknya jumlah hotel dan restoran yang membutuhkan seorang koki andal. Mereka pun berpeluang untuk berwirausaha di bidang kuliner seperti katering dan rumah makan serta memproduksi cemilan, kue serta roti.

3. Jurusan Pelayaran

Indonesia adalah negara maritim yang mempunyai wilayah laut yang luas dan terdiri dari pulau-pulau. Transportasi laut menjadi andalan pergerakan barang antar pulau. Apalagi di jaman sekarang transportasi laut yang disebut tol laut semakin ditingkatkan. Hal ini berarti membutuhkan pelaut-pelaut untuk memenuhi industri pelayaran. Jadi siswa akan sangat tepat jika memilih SMK Pelayaran untuk masa depan yang cerah.

Nantinya, mereka akan dididik menjadi seorang operator bidang nautika kapal. Mereka berpeluang untuk bekerja bukan saja di kapal domestik maupun kapal asing. Penghasilan pelaut pun tergolong besar!

4. Jurusan Farmasi

Industri farmasi juga nggak boleh dipandang sebelah mata, lho. Banyak bidang usaha yang membutuhkan lulusan Farmasi. Makanya, siswa lulusan ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Lulusan Jurusan Farmasi punya peluang di berbagai lini. Mulai dari bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintahan, apotek, instalasi farmasi di rumah sakit, hingga perusahaan obat-obatan, kosmetik, dan makanan.

5. Jurusan Teknik Otomotif


Jurusan teknik otomotif adalah salah satu yang paling diminati oleh para siswa. Masih ingat dengan mobil Esemka yang beberapa waktu lalu sempat bikin orang tercengang? Ya, mobil tersebut adalah buatan siswa Teknik Otomotif SMK. Jurusan ini memang bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga terampil yang andal di bidang perakitan otomotif. Lulusannya dapat bekerja di industri-industri motor dan mobil atau juga di bengkel-bengkel termasuk bengkel modifikasi. Selain itu mereka juga dapat membuat usaha sendiri di bidang perbengkelan.

Silahkan pertimbangkan baik-baik arah dan tujuan kalian untuk meneruskan sekolah setelah SMP> Jika ingin langsung bisa bekerja setelah tamat, sangat tepat jika memilih melanjutkan ke SMK seperti di atas. 

Load disqus comments

0 comments