Ini Dia Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia di Tahun 2016


Asuransi semakin menjadi kebutuhan masyarakat luas. Dengan asuransi maka mengantisipasi resiko kerugian akibat berbagai macam hal seperti sakit, kecelakaan kerja atau meninggal (untuk asusansi jiwa atau kesehatan ), kerusakan atau kehilangan kendaraan (asuransi kendaraan), kebakaran atau kerusakan bangunan akibat bencana atau hal lainnya), dan juga resiko kecelakaan dalam perjalanan (asuransi perjalanan). 

Asuransi Jiwa dikenal meliputi perlindungan resiko terhadap jiwa (jika tertanggung  meninggal), pembiayaan pengobatan termasuk rawat inap dan tindakan operasi bila tertanggung sakit. Ada lagi Asuransi Tenaga Kerjayang mengcover bila tertanggung mengalami kecelakaan kerja yang biasanya ditanggung preminya oleh perusahaan tempat tertanggung bekerja. 

Asuransi Kendaraan Bermotor (termasuk asuransi umum) memberi perlindungan terhadap resiko kerusakan pada kendaraan bermotor akibat kecelakaan, serempetan dengan kendaraan lain, tabrakan ataupun kehilangan kendaraan akibat dicuri serta untuk versi terlengkapnya kerusakaan kendaraan bermotor akibat bencana alam. 

Asuransi umum lain adalah asuransi yang memberi perlindungan terhadap resiko kerusakan suatu bangunan (rumah, toko, Mall, Pabrik, dll) akibat kebakaran, kerusuhan, bencana alam ataupun hal lainnya.

Kita perlu mengetahui daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia untuk referensi dan pengetahuan kita tentang perusahaan asuransi di Indonesia. 

Berikut ini daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia untuk berbagai kategori :

Nominasi dari kelompok Asuransi Jiwa adalah PT Prudential Life Assurance, PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Panin Dai-ichi Life, PT BNI Life Insurance, PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha, serta PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia.

Penghargaan posisi terbaik diraih PT Prudential Life Assurance untuk kategori aset di atas Rp 15 triliun, dan PT Panin Dai-ichi Life untuk kategori aset antara Rp 5 triliun sampai Rp 15 triliun, serta PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha untuk kategori aset di atas Rp 1 triliun hingga Rp 5 triliun.

Sedangkan untuk kelompok asuransi umum, penghargaan diberikan kepada PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) pada kategori aset di atas Rp 3 triliun. PT Asuransi Bangun ASKRIDA berhasil menjadi perusahaan asuransi terbaik untuk kategori aset antara Rp 1 triliun sampai Rp 3 triliun, dan PT Asuransi Umum BCA menjadi yang terbaik untuk kategori aset antara Rp 250 miliar sampai Rp 1 triliun. Sedangkan reasuransi terbaik berhasil diraih PT Reasuransi Nasional Indonesia.

Parameter untuk "Asuransi Terbaik 2016" mencakup indikator kuantitatif maupun kualitatif. Untuk penilaian kualitatif, dewan juri memutuskan melakukan kunjungan ke kantor kandidat juara, untuk beraudiensi dengan manajemen.

Dari 12 nominasi, enam nominasi merupakan asuransi jiwa dan enam asuransi umum. Nominasi dari kelompok Asuransi Jiwa meliputi PT Prudential Life Assurance, PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Panin Dai-ichi Life, PT BNI Life Insurance, PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha, serta PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia. Sedangkan enam nominasi dari kelompok Asuransi Umum meliputi PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero), PT Tugu Pratama Indonesia, PT Asuransi Bangun ASKRIDA, PT Bringin Sejahtera Artamakmur, PT Asuransi Umum BCA, dan PT Fairfax Insurance Indonesia.

Demikian daftar perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Kiranya informasi ini bisa bermanfaat sebagai referensi Anda dalam memilih perusahaan asuransi berkualitas ataupun pengetahuan bagi Anda.
Load disqus comments

0 comments